Selasa, 12 Juli 2011

AADN (ada apa dengan Narsis???)

pagi / siang / sore / malem / subuh / teman2.. semangat kan pagi / siang / sore / malem / subuh ini? harus donggg! biar tambah semangat play lagunya Bruno Mars - the lazy song aja.. !! dijamin tambah GAK semangat, haha..
mumpung lagi semangat buat nulis di blog,  hajaaar aja + twitter oe lagi over capacity.. mau share about NARSIS nih yg dikutip dari salah satu sumber.

btw hey kamu! ya kamu yang cantik dan kamu yang ganteng yang lagi baca ini.. *gakikhlas* wekeke.. kamu suka narsis?? narsis itu apa sih?? narsis itu merk henpon?? merk sepatu?? merk baju?? atau mungkin merk celana dalem??
bukaaaan..!! narsis itu, ya kamu bener! narsis itu.. semacam istilah yang lebih sering diartikan sebagai orang yang 'gila foto' dan membanggakan diri sendiri. Padahal, narsis merupakan salah satu penyakit mental atau gangguan psikologis.
kenapa ya orang bisa narsis? pernah kan liat orang yg suka narsis sampe gatau tempat? dimana-mana dia pengen ngeksis. dirumah, sekolah, apalagi kalo lagi kumpul sama temen2 yang kebetulan suka narsis juga. kira2 apa ya penyebabnya dan ada gak sih cara buat nyegah si narsis datang? heuehu.. cekidot!

Narsis atau yang dalam istilah ilmiah disebut Narcissistic Personality Disorder (NPD) adalah gangguan psikologis ketika seseorang memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi untuk kepentingan pribadinya dan juga rasa ingin dikagumi.

Narsis termasuk salah satu dari tipe penyakit kepribadian. Seseorang yang menderita gangguan narsis biasanya diiringi juga dengan pribadi yang emosional, lebih banyak berpura-pura, antisosial dan terlalu mendramatisir sesuatu.

Namun, di balik topeng kepercayaan diri yang tinggi terdapat sebuah harga diri yang rapuh dan sensitif terhadap setiap kritik kecil. Hal ini terjadi dengan sendirinya dan jika gangguan ini begitu kuat sehingga mengasingkan seseorang dari masyarakat, maka perlu mengambil langkah-langkah penyembuhan, seperti melakukan psikoterapi.

Narsisme lebih mungkin terjadi pada usia muda dan mungkin disebabkan karena pendidikan yang 'tidak sehat', contohnya orangtua yang terlalu memanjakan anaknya. Anak yang selalu dimanja dan mendapat banyak perhatian, cenderung mengharapkan perhatian yang sama di kemudian hari, seperti dilansir Healthmad, Sabtu (25/6/2011).

meskipun narsis lebih sering menyerang anak2 muda, gak sedikit juga ortu bahkan nenek-nenek yg narsiss, contohnya? nih..


huaaahhahaha, =)) ini yg namanya NELI, nenek lincah.. wekeke


Penyebab lain yaitu sikap terlalu diabaikan atau pelecehan saat masih usia anak-anak. Seseorang yang terabaikan di masa kecil dapat berubah yang akhirnya mencoba 'menangkap' perhatian yang dulu tak diperolehnya. Kebutuhan akan perhatian ini akhirnya bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan narsisme.

Faktor lain adalah karena efek perubahan kesuksesan atau transient effect of success. Sebagai contoh, seorang gadis muda dan sangat cantik mendapat banyak perhatian karena kecantikannya. Namun setelah 20 tahun kemudian, kecantikannya telah memudar dan tidak mendapatkan perhatian yang sama dari orang-orang disekitarnya.

Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders serta American Psychiatric Association menyebutkan beberapa gejala dan kriteria penyakit narsis, diantaranya cekitbrot...
>>>
  1. Mementingkan diri sendiri, melebih-lebihkan prestasi dan bakat yang dimiliki, berharap dikenal sebagai orang unggul tanpa ada hasil atau pencapaian tertentu.
  2. Terlalu bangga dengan fantasinya dan memiliki tujuan yang tidak realistik tentang keberhasilan yang tiada batas, kekuatan, kepintaran, kecantikan atau kisah cinta yang ideal.
  3. Percaya bahwa dirinya sangat spesial dan hanya bisa bergabung atau bergaul dengan orang-orang yang juga memiliki status tinggi.
  4. Memerlukan pujian yang berlebih ketika melakukan sesuatu
  5. Memiliki keinginan untuk diberi julukan tertentu
  6. Bersikap egois dan selalu mengambil keuntungan dari setiap kesempatan untuk mendapatkan apa yang diinginkannya
  7. Tidak memiliki perasaan empati terhadap sesama
  8. Selalu merasa iri hati dengan keberhasilan orang lain dan percaya bahwa orang lain juga iri padanya
  9. Menunjukkan sifat arogan dan merendahkan orang lain
  10. Mudah terluka, emosional dan memiliki pribadi yang lemah.
nah... kalo diliat2 dari gejalanya, kayaknya setiap orang pasti pernah bernarsis-narsisan, iya kan? ngaku aja lagi.. hehe
kalo mau tau seseorang narsis atau nggak, liat aja album di FB-nya! klo yang narsis pasti punya banyak album yg isinya semua foto2 dia. biasanya satu album isinya foto2 dia, foto dia sama pacarnya, sama selingkuhannya, sama abang2 ojek yg pernah nganterin dia, sama abang2 tukang bakso dikantin sekolah, bahkan foto dia sama kucing peliharaannya, haha..

so, kalo lo narsis ya terserah lah ya.. selama gak ngerugiin banyak orang! tapi inget, kalo lagi di kamar mandi pliss gak usah narsis pake foto2 apalagi sambil telanjang. weyy itu mah kelewat batesss kalee..

"mau eksis? jangan lebay pehlissss"

udah ah, segitu dulu ya..
#singing.. 'narsisss sekali-kali biar cepet laris, mungkin saja nanti aku disangka aaartis yg ngetop abissss' 
komen dong komen, biar gahol mamen.. *maksaabissss*
yuk ah, wassalam....

sumber:
pict:
google

3 komentar:

  1. saya narsis nggak ya?

    tapi saya orangnya nggak percaya dirian lo

    BalasHapus
  2. liat aja ciri2 diatas, sama gak kira2? hehe :D
    thx udah mampir. blognya honeylizious keren.. :)

    BalasHapus
  3. NARSIS ITU ..

    Narsistik itu karakter seseorang yang maunya disanjung, dikagumi dan sedikit memiliki empati kepada orang lain.

    Narsistik ini gangguan kepribadian. Jadi, hati-hati bila menyebut narsistik ini untuk lucu-lucuan misalnya utk nyebutin org yg suka foto2. >> Jadi narsis itu bukan sebutan utk org yg suka foto2

    Org yg narsistik itu yakin bahwa dirinya sangat penting bagi kehidupan org lain.^^ Over PD, PD boleh tp harus dibarengi rasa malu jg.

    Narsistik = menganggap dirinya paling cantik, tampan, kaya, pintar etc. Ditunjukkan dgn perilaku gampang komplain & kasar.

    Byk yg tanya ttg narsistik lebih dominan laki2/pr? Laki2 justru lebih narsistik, biasanya laki2 yg punya kecenderungan "sok cool"

    #Narsistik dalam diri laki2 lebih dominan dikarenakan laki2 byk menggunakan logika drpd perasaan.

    #Narsistik bukan ditandai dgn suka berfoto ria, bersolek/sering unggah foto diri pd sosmed, tetapi pada tingkah laku yg kasar & arogan.

    Tag : Alumni Psikologi UI "Aisyah Fajarina" (twitter: @Aisyah_Fajarina)

    BalasHapus